Sejarah
Perkembangan Game - Asal usul permainan video/video game terletak pada
awal tabung sinar katoda berbasis pertahanan peluru kendali sistem pada
akhir 1940-an. Program-program ini kemudian diadaptasi ke dalam
permainan sederhana lainnya di era tahun 1950-an. Pada akhir 1950-an dan
melalui tahun 1960-an, lebih banyak permainan komputer yang
dikembangkan (kebanyakan di komputer mainframe), secara bertahap tingkat
kecanggihan dan kompleksitasnya pu turut bertambah. Setelah periode
ini, video game menyimpang ke berbagai platform: arcade, mainframe,
konsol, pribadi komputer dan kemudian permainan genggam.
Perusahaan
komersial pertama konsol permainan video adalah Computer Space pada
1971, yang meletakkan dasar bagi industri hiburan baru di akhir 1970-an
di Amerika Serikat, Jepang, dan Eropa. tapi ini perusahaan tidak
bertahan lama ini sebagian besar disebabkan oleh banjir dari video game
yang datang ke pasar mengakibatkan keruntuhan total industri game konsol
di seluruh dunia, akhirnya menggeser dominasi pasar dari Amerika Utara
ke Jepang.
Tapi inihanya mempengaruhi pasar game
konsol, pasar game komputer sebagian besar tidak terpengaruh. Generasi
selanjutnya dari konsol video game akan terus didominasi oleh
perusahaan-perusahaan Jepang. Walaupun beberapa upaya akan dilakukan
oleh Amerika Utara dan perusahaan-perusahaan Eropa, generasi keempat
konsol, usaha mereka pada akhirnya akan gagal. . Tidak sampai generasi
keenam konsol permainan video akan non-perusahaan Jepang merilis sebuah
sistem konsol sukses secara komersial. Pasar telah mengikuti jalan yang
sama dengan beberapa kali gagal dilakukan oleh perusahaan-perusahaan
Amerika yang semuanya gagal di luar beberapa keberhasilan terbatas dalam
permainan elektronik genggam sejak dini. Saat ini hanya
perusahaan-perusahaan Jepang memiliki sukses besar konsol game handheld,
walaupun dalam beberapa tahun terakhir permainan genggam telah datang
ke perangkat seperti ponsel dan PDA .
Sejarah Perkembangan Game Generasi Pertama
Generasi
pertama konsol permainan video berlangsung dari tahun 1972, dengan
rilis dari Magnavox Odyssey, hingga 1977, ketika “pong”-style produsen
konsol meninggalkan pasar secara massal karena pengenalan dan
keberhasilan mikroprosesor berbasis konsol
|
Magnavox Odyssey 200 |
|
Style game pong |
Sejarah Perkembangan Game Generasi kedua
|
Konsol generasi 2 |
Dalam
sejarah komputer dan video game, generasi kedua (biasa disebut sebagai
awal era 8 bit atau kurang lebih 4 bit era) dimulai pada tahun 1976
dengan merilis Fairchild Channel F dan Radofin 1292 Advanced
Programmable Video sistem. Di era generasi kedua ini yang menjadi
primadona konsol game adalah konsol game ATARI. Beberapa contoh konsol
game pada generasi kedua dapat dilihat disamping. Dari ki-ka adalah
Fairchild Channel F,Atari 2600, Magnavox Odyssey ver. 2 , Atari 5200
Sejarah Perkembangan Game Generasi Ketiga
Generasi
ketiga dimulai pada tahun 1983 dengan dipasarkannya Jepang Family
Computer tau lebih dikenal dengan nama FAMICOM(kemudian dikenal sebagai
Nintendo Entertainment System di seluruh dunia). Walaupun konsol
generasi sebelumnya juga menggunakan 8-bit processor, pada akhir
generasi inilah konsol rumah yang pertama kali diberi label oleh mereka
“bit”. Ini juga masuk ke mode sebagai sistem 16-bit seperti Mega Drive /
Genesis dipasarkan untuk membedakan antara generasi konsol. Di Amerika
Serikat, generasi ini di game ini terutama didominasi oleh NES /
Famicom. Di era ini pulalah terjadi perang konsol game yang pertama
antara perusahaan konsol Nintendo dengan SEGA.
|
Konsol FAMICOM dan SEGA |
Sejarah Perkembangan Game Generasi keempat
Generasi
keempat atau biasa disebut dengan era 16 bit,pada generasi ini NES
mendapat sambutan hangat di seluruh dunia, dan sebuah perusahaan bernama
Sega mencoba menyaingi Nintendo. Pada tahun 1988, Sega merilis konsol
next-generation mereka, Sega Mega Drive (yang juga dikenal dengan Sega
Genesis). Konsol ini menyajikan gambar yang lebih tajam dan animasi yang
lebih halus dibanding NES. Konsol ini cukup berhasil memberi tekanan,
tetapi NES tetap bertahan dengan angka penjualan tinggi. Dua tahun
berselang, pada 1990, Nintendo kembali menggebrak dengan konsol next-gen
mereka, SNES (Super Nintendo Entertainment System). Selama 4 tahun,
Nintendo dan Sega menjadi bebuyutan, meskipun ada beberapa produsen
seperti SNK dengan NeoGeo-nya, NEC dengan TurboGrafx-16 dan Phillips
CD-i, tapi kedua konsol mereka begitu handal dan populer.
Tahun 1989
- Nintendo merilis game-handheld, Game Boy. Harga: $109.
- NEC merilis video game sistem Turbografx-16, PC Engine versi Amerika Utara. Harga: $189.
- Sega merilis video game system Sega Genesis. Harga: $249.
- Atari merilis game-handheld berwarna pertama Atari Lynx. Harga: $149.
- NEC
merilis versi yang ditingkatkan dari console PC Engine mereka di
Jepang, SuperGrafx. Hanya 5 judul game yang memanfaatkan video game ini
dan tidak pernah dijual secara komersial di luar Jepang.
Tahun 1990
- Trip Hawkins keluar dari Electronic Arts dan mendirikan 3DO.
- NEC merilis Turbografx CD ekspansi untuk Turbografx-16, mengupgrade sistem tersebut dengan CD-ROM. Harga: $399.
- SNK merilis Neo-Geo (AES), untuk pertama kalinya sistem yang benar-benar membawa arcade ke rumah. Harga: $699.
- SquareSoft merilis Final Fantasy pertama yang nantinya menjadi role-playing game terbaik di sistem console.
- Sega merilis game-handheld Game Gear.
- Microprose terbentuk.
- NEC merilis versi hanheld dari Turbografx-16 console mereka, TurboExpress.
Tahun 1991
- Commodore merilis video game rumahan berbasis CD, CDTV. Harga: $999.
- Fujitsu merilis FM Towns Marty, console 32-bit pertama di dunia.
- Nintendo merilis Super Nintendo. Harga: $199.
- Joe Santulli dan Kevin Oleniacz mendirikan Digital Press, publikasi independent kolektor video game berbagai sistem.
- Dua penerbit PC entertaintment utama, Cinemaware dan Epyx, tutup.
Tahun 1992
- Philips merilis video game rumahan berbasis CD, CD-i.
- Sega merilis ekspansi Sega CD untuk Sega Genesis.
Sejarah Perkembangan Game Generasi kelima
Generasi
kelima atau disebut juga dengan era konsol 32 bit. dimana konsol game
yang paling populer pada generasi ini adalah Sony Playstation
Sejarah Perkembangan Game Generasi Ke-enam
Generasi
keenam ini ditandai dengan munculnya konsol-konsol game next generation
dari masing-masing perusahaan seperti SONY, SEGA,Nintendo serta
munculnya satu lagi konsol game baru yang diluncurkan oleh Microsoft
yang diberi nama Xbox. Perang konsol game ini akhirnya mengakibatkan
jatuhnya perusahaan konsol SEGA yang tidak dapat lagi meneruskan konsol
next generation(Dreamcast) mereka dan lebih memilih untuk berkonsentrasi
dibidang pembuatan game konsol.
Sejarah Perkembangan Game Generasi ke-tujuh
Dikarenakan
semakin canggihnya teknologi di bidang teknologi maka kemudian 3
perusahaan konsol terbesar(Sony, Nintendo, dan Microsoft) mengeluarkan
kembali konsol next-generation mereka keluaran terbaru. Sony
mengeluarkan konsol next-gen yang diberi nama PS3(Playstation 3), lalu
Nintendo dengan Nintendo Wii kemudian Microsoft dengan Xbox 360. Pada
generasi ini semakin dikembangkan sistem permainan online atau permainan
yang melibatkan banyak pemain yang terhubung dengan konsol mereka dan
semakin ditinggalkannya permainan single player.
0 Komentar