LINGKUNGAN KERJA ADOBE FLASH CS3

Secara garis besar, lingkungan kerja (Workspace) adobe flash cs3 terdiri dari beberapa komponen utama :

1. Menu Bar adalah kumpulan yang terdiri atas dasar menu-menu yang digolongkan dalam satu kategori. Misalnya menu file terdiri atas perintah New, Open, Save, Import, Export, dan lain-lain.

2. Timeline adalah sebuah jendela panel yang digunakan untuk mengelompokkan dan mengatur isi sebuah movie, pengaturan tersebut meliputi penentuan masa tayang objek, pengaturan layer, dan lain-lain.

3. Stage adalah area untuk berkreasi dalam membuat animasi yang digunakan untuk mengkomposisi frame-frame secara individual dalam sebuah movie.

4. Toolbox adalah kumpulan tools yang sering digunakan untuk melakukan seleksi, menggambar, mewarnai objek, memodifikasi objek, dan mengatur gambar atau objek.

5. Properties adalah informasi objek-objek yang ada di stage. Tampilan panel properties secara otomatis dapat berganti-ganti dalam menampilkan informasi atribut-atribut properties dari objek yang terpilih.

6. Panels adalah sebagai pengontrol yang berfungsi untuk mengganti dan memodifikasi berbagai atribut dari objek dari animasi secara cepat dan mudah.  


TOOLBOX  

Fasilitas Toolbox seperti telah dijelaskan sekilas diawal adalah sekumpulan tool atau alat yang mempunyai fungsi-fungsi tersendiri untuk keperluan desain . Berikut penjelasan setiap tool yang terdapat pada Toolbox .

1. Arrow Tool, Arrow Tool atau sering disebut selection tool berfungsi untuk memilih atau menyeleksi suatu objek.

2. Subselection Tool, berfungsi menyeleksi bagian objek lebih detail dari pada selection tool.

3. Free Transform Tool, berfungsi untuk mentransformasi objek yang terseleksi.

4. Lasso Tool, berfungsi untuk memotong gambar secara manual.

5. Pen Tool digunakan untuk menggambar garis dengan bantuan titik-titik bantu seperti dalam pembuatan garis, kurva atau gambar.

6. Text Tool digunakan untuk membuat objek teks

7. Line Tool digunakan untuk membuat atau menggambar garis. 8. Oval Tool digunakan untuk menggambar bentuk lingkaran atau elips.

9. Pencil Tool digunakan untuk membuat garis.

10. Brush Tool digunakan untuk menggambar bentuk garis-garis dan bentuk-bentuk bebas.

11. Ink Bottle tool digunakan untuk mengisi/mengganti Stroke(garis luar) suatu objek.

12. Paintbucket Tool digunakan untuk mengisi area-area kosong atau digunakan untuk mengubah warna area sebuah objek yang telah diwarnai.

13. Eye Dropper Tool digunakan untuk mengambil sampel warna.

14. Eraser Tool digunakan untuk menghapus objek.

15. Hand Tool digunakan untuk menggeser tampilan stage tanpa mengubah pembesaran.

16. Zoom Tool digunakan untuk memperbesar atau memperkecil tampilan stage

17. Stroke Color digunakan untuk memilih atau memberi warna pada suatu garis.

18. Fill Color digunakan untuk memilih atau memberi warna pada suatu objek.

19. Swap Color digunakan untuk menukar warna fill dan stroke atau sebaliknya dari suatu gambar atau objek.

Stage

Seperti film, Flash movie mempunyai panjang yang terdiri dari sejumlah frame. Stage merupakan bidang yang berwarna putih, dimana semua objek seperti gambar, teks dan foto ditempatkan dan diatur di dalamnya. Memperbesar dan memperkecil stage. Tampilan stage dapat diubah dengan mengubah magnification level atau mengubah ukuran stage dengan view command.







Property Inspector

Properti berfungsi untuk menampilkan serta mengubah informasi objek
yang berada di stage, seperti mengatur character, alignment, dan lain-lain.

Mengatur karakter pada Properties


Panel

Terdapat beberapa macam panel dalam Flash, dan setiap panel menampilkan
informasi dari suatu objek yang kita kehendaki, seperti simbol, warna, frame, dan
lain-lain.

Timeline

Timeline digunakan untuk mengatur semua jalan cerita, di mana actor ditampilkan dan menghilang. Suatu objek yang muncul diatur dalam Timeline tersebut. Komponen utama dalam Timeline adalah layer, frame dan playhead. Timeline berfungsi untuk mengatur waktu suatu movie dan memunculkan objek tertentu. Penempatan efek suara dan musik latar belakang juga diatur dalam Timeline.




Frame

Frame adalah gambar yang membentuk suatu gerakan bila frame tersebut ditampilkan satu demi satu berurutan. Frame merupakan konsep animasi yang dibuat secara manual maupun dengan alat bantu komputer.Untuk membuat movie menyajikan suatu action pada saat playhead mencapai frame tertentu pada Timeline.



 Playhead pada Timeline menunjukkan action pada frame 5

Playhead

Playhead dengan garis merah vertikal, menunjukkan posisi frame berada pada suatu saat. Bila posisi playhead tersebut berubah, maka gambar yang ada di stage juga berubah. Pada Gambar 1.6 dapat dilihat posisi playhead yang menunjukkan posisi frame.

Layer

Layer digunakan untuk menempatkan objek yang berbeda-beda seperti kertas transparan, di mana beberapa layer bersama-sama merupakan suatu gambar yang lengkap. Objek tidak hanya gambar animasi saja, melainkan dapat berupa gambar latar belakang, teks, movie dan suara. Setiap objek berada pada layer
tersendiri yang independen. Macam-macam layer dapat dilihat pada gambar berikut.


Layer

Scene

Pada pembuatan film yang mempunyai jalan cerita cukup panjang, untuk memudahkan pengembuatannya, maka dibagi-bagi menjadi beberapa tema yang dinyatakan dalam scene. Seperti halnya pembuatan film yang terdiri dari banyak scene, animasi juga dibuat dengan konsep yang sama, untuk memudahkan dalam mengatur movie. Nama scene dapat diubah dengan mengklik dua kali pada nama scene tersebut, kemudian diketik nama yang dikehendaki. Untuk menampilkan panel Scene seperti gambar dibawah ini, pilih menu Window ——> Scene.


Posting Komentar

0 Komentar