Cara Mengenal dan mencetak dengan duatone di photoshop

Kita memerlukan mde warna duatone sehubungan dengan teknik cetak yang hanya menggunakan satu buah hingga dua plat atau screen cetak. Jika bukan karena alasan itu, maka kita memerlukan efek yang unik dari hasil konversi ke mode Duatone. Duatone sebenarnya adalah istilah generik untuk menyebut penggunaan warna tinta yang berbeda, yaitu Monotone untuk satu macam warna tinta, duatone untuk dua warna, tritone untuk tiga, dan quadtone untuk empat warna tinta.

Untuk memilih mode duatone, terlebih dahulu obyek harus dirubah menjadi greyscale. Ketika anda memilih duatone, akan tampil kotak dialog Duatone Option. Anda dapat memilih jumlah warna seperti yang disebutkan di atas. Anda dapat memilih warna pada kotak warna sehingga muncul Color Picker. Pilihlah warnanya dan kemudian ketikkan nama yang anda berikan pada kotak yang tersedia. Photoshop akan menolak jika anda mengosongi kotak warna tersebut. Adapun untuk nama warna itu terserah anda. Selain itu, anda juga dapat klik tombol Costum untuk memilih warna costum.

Klik ganda kotak thumbnail curve di sebelah kiri yang secara default berisi garis diagonal sehingga kotak dialog Duatone Curve terbuka. Kotak dialog ini adalah transfer function untuk menspesifikasikan proporsi tinta cetak yang digunakan dalam pencetakan dengan menggunakan level brightness yang berbeda-beda. Untuk menset curva, klik pointer anda pada graph yang ada, di mana anda akan memperoleh efek perubahan lightness pada image yang saat ini aktif. Format file yang mendukung image duatone adalah PSd, EPS dan DCS. Meskipun warna yang digunakan dalam duatone adalah warna costum, namun dalam proses pencetakannya perlu dispesifikasi dengan printer yang anda gunakan.
duatone
Duatone color adalah warna spot di mana dalam pencetakannya dua warna yang tersedia tidak menghasilkan warna kombinasi seperti pada process misal CMYK. Hal ini nampak bila mde duatone diubah menjadi multichannel. Channel duatone akan dirubah menjadi spot color channel. Untuk mencetak image duatone melalui printer atau mesin cetak, disarnkan untuk mengkonversi mode warnanya menjadi CMYK, karena penggunaan prosentase warna outputnya akan lebih terkontrol.

Posting Komentar

0 Komentar